Sabtu, 04 April 2020

Pendahuluan

1. Jelaskan mengapa komputer atau perangkat lain harus saling dihubungkan!

2. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor apa saja yang diperlukan sehingga antar perangkat yang sudah saling terhubung dapat saling berkomunikasi dan bertukar data!

3. Jelaskan keuntungan dan kerugian dari interface yang menggunakan media transmisi wireless!

Jawaban!

1. Komputer sendiri merupakan alat yang pada masa kini dibutuhkan dalam hampir setiap pekerjaan manusia, ikut serta komputer yang begitu signifikan dalam berbagai kegiatan menyebabkan komputer tidak bisa dikesampingkan dalam hal penggunaannya.
Karena itu komputer yang notabenenya hanya sebagai sebuah alat atau mesin, harus bisa dioperasikan oleh manusia, sehingga interface/antarmuka berperan penting di sini.
Bukan hanya itu, melihat berbagai fungsi komputer yang berbeda-beda, maka komputer juga harus bisa berkomunikasi satu sama lain dan/atau berkomunikasi dengan perangkat lainnya yang memiliki sistem komputer maupun non-komputer.

2. Supaya perangkat yang sudah terhubung bisa saling berkomunikasi dan bertukar data, maka diperlukan antara lain:

  • Handshaking, istilahnya berjabat tangan. Yaitu saling bertukar sinyal antara kedua perangkat untuk memiliki pemahaman/persetujuan agar bisa saling berkomunikasi.
  • Protokol, sebagai aturan pasti antara perangkat-perangkat yang saling terhubung, sehingga memiliki perjanjin atau prosedur yang sama sebagai syarat untuk bisa saling berkomunikasi.
  • Bus Interfacing, alat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat. Sebagai jalur dimana sinyal dan data akan ditransmisikan.
3. Jika sistem interface/antarmuka menggunakan Wireless, bisa berarti fleksibilitas dan mobilitas menjadi meningkat, suatu perangkat bisa diakses oleh suatu perangkat lain yang berada di tempat yang berbeda, tanpa mengandalkan kabel. Perangkat pengakses/pengontrol akan memiliki interface yang sama, dengan waktu real-time saat pengoperasian dalam mengendalikan perangkat jarak jauh. Dengan seperti ini, bila pengguna tidak berada di tempat yang sama dengan perangkat utama, pengguna masih memiliki interface yang dimiliki perangkat utama pada perangkat lain, dan mengendalikannya dari jarak jauh.
Namun karena berbasis Wireless, maka kestabilan adalah kendala utamanya. Dengan mengacu pada fungsi Interface sendiri yang mengandalkan kehandalan, gelombang elektromagnetik sebagai transmisi utama tidak selalu bergerak seperti yang diharapkan, selain itu karena bisa diakses dari jarak jauh tanpa kabel, maka orang lain pun tidak menutup kemungkinan dapat memiliki akses ilegal terhadap perangkat yang di remote.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar