Sabtu, 04 April 2020

Rangkaian Dasar Antarmuka

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dan fungsi dari rangkaian dasar antarmuka!
  2. Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk rangkaian dasar antarmuka!
  3. Jelaskan hal apa yang mendasari antar perangkat dapat saling berkomunikasi biarpun karakteristik perangkat tersebut berbeda-beda!
Jawaban

1. Merupakan suatu rangkaian yang diarancang yang ditujuan untuk melakukan fungsi-fungsi antarmuka yang bisa beroperasi semestinya. Rangkaian ini juga berfungsi sebagai sebuah aturan ataupun persetujuan bersama antara perangkat untuk bisa saling berkomunikasi, jika persetujuan atau aturan dilanggar maka perangkat tidak akan bisa melakukan komunikasi.

2. Yang termasuk Rangkaian Dasar Antarmuka: 
  • Handsaking, merupakan teknik komunikasi diantara dua entitas yang secara otomatis menentukan parameter-parameter komunikasi di antara dua entitas sebelum komunikasi data dimulai. Handshaking terjadi setelah adanya koneksi fisik sebelum adanya transfer informasi secara normal.
  • Protocol, dapat diartikan sebagai sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali.
  • Bus Interfacing, merupakan Penghubung bagi keseluruhan komponen komputer dalam menjalankan tugasnya.
3. Beberapa perangkat khususnya dalam ilmu komputer bisa dibilang saling membutuhkan satu sama lain, karenanya dalam hal ini dibutuhkanlah sebuah hubungan antar perangkat supaya bisa menjadi sebuah sistem yang bekerja. Walaupun dengan karakteristik yang berbeda-beda, perangkat bisa saling berkomunikasi dengan menetapkan parameter-parameter yang sama, akhirnya dengan menetapkan aturan-aturan tersebut semua perangkat bisa melakukan komunikasi bersama yang dengan tujuan mencipatkan suatu sistem yang berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar